Support Layanan 24 jam 085640403767 lukmanulhakim2345@gmail.com 085640403767

Pentingnya Mengoven Kayu Untuk Komponen Furniture Kayu

Minggu, Juni 18th 2017.

Mungkin bagi orang awam tidak terlalu mempermasalahkan pengovenan kayu untuk dijadikan bahan furniture rumah. Padahal proses ini sngat penting dan bisa mempengaruhi kualitas pada furniture tersebut.

Untuk pengovenan sendiri sebenarnya ada dua tahap bila mau kualitas benar benar oke. Yang pertama adalah pengovenan kayu ketika kayu masih berupa papan. Dan yang kedua adalah pengovenan ketika kayu telah dirakit menjadi furniture yang masih mentah atau belum diproses finishing warna.

Sebenarnya furniture yang sering di oven adalah furniture dari bahan kayu mahoni, karena kayu mahoni memiliki kadar air yang banyak, sehingga sulit sekali untuk kering, dan dibutuhkan pengovenan dua kali pada furniture kayu mahoni tersebut.oven kayu 6

Pengovenan yang pertama bertujuan agar kayu saat dirangkai nanti tidak mudah menyusut atau geser. Dan yang kedua ketika sudah berupa rangkaian furniture, tujuannya adalah agar furniture tersebut benar benar bebas dari hama kayu seperti bubuk, karena hama bubuk ini suka sekali terhadap kayu mahoni. Namun pengovenan kayu yang kedua ini sangat jarang sekali yang menggunakannya karena diperlukan biaya yang cukup besar.

Untuk lebih detailnya kami akan memberikan sedikit perincian tentang pengovenan kayu, agar anda nantinya bisa tahu apa manfaat dari furniture yang telah di oven.oven kayu 7

Kayu yang di oven akan lebih memiliki kestabilan dan terjaga dari sifat kayu yang bisa mengembang dan menyusut. Selain itu kayu yang di oven juga lebih memiliki kekuatan, karena kayu yang kering lebih kuat daripada kayu yang masih basah. Disamping itu juga kayu yang kering memiliki beban yang lebih ringan.

Tidak hanya itu, kayu yang sudah kering bisa terhindar dari serangan jamur, sebab jamur kayu biasanya akan tumbuh pada kayu yang masih lembab dan memiliki kadar air yang banyak.

Untuk cara mengeringkan kayu sebenarnya ada dua cara,

yang pertama yaitu pengeringan kayu dengan metode manual atau alami. Pengeringan kayu ini memanfaatkan panas matahari dan udara yang dapat membantu mengeringkan kayu.oven kayu 8

Bisa dikatakan pengeringan kayu dengan metode alami ini sangat irit terhadap biaya, karena prosesnya hanya menjemur kayu di bawah sinar matahari, dan juga bisa dilakukuan sendirian tanpa bantuan orang lain.Tapi pengeringan alami ini memerlukan waktu yang sngat lama, belum lagi jika dilakukan saat musim hujan.

Yang kedua adalah pengeringan kayu dengan cara mengoven dalam ruangan. Pengeringan kayu menggunakan oven bisa dilakukan dengan waktu yang lebih cepat daripada dengan menggunakan metode alami. Selain itu juga suhu dalam ruang oven tersebut bisa di atur sesuai keinginan. Yang pasti hasil dari pengovenan kayu dalam ruang ini memiliki hasil yang bisa dikatakan lebih baik dari yang manual atau alami.

Namun untuk bisa melakukan oven kayu dalam ruang tentunya memerlukan biaya yang cukup banyak, belum lagi untuk menata kayu tersebut didalam ruang diutuhkan bantuan orang lain.

Untuk membuat oven ini bisa memilih salah satu model yang diinginkan. Anda bisa membuat ruang oven dengan arah pergerkan udara atau uap yang melintang agar tingkat kekeringan kayu bisa sama dengan membuat 1 pintu untuk masuk dan keluar. Ruang oven yang demikian juga disebut dengan compartment klin.

Anda juga bisa membuat pintu masuk dan keluar oven berbeda, agar arah pergerakan udara menjadi berlawanan dengan arah lori dengan menerapkan sitem trowongan untuk uap udaranya. Jika menggunakan oven ini tingkat kekeringan kayu bisa menjadi berbeda beda. Maka dari itu ruang oven papan kayu yang seperti ini sering di sebut progressive klin.

Namun nda juga bisa membuat oven sesuai yang dininginkan tanpa harus meniru cara diatas, bisa juga anda membuat oven untuk kayu tanpa membuat ruangan, bisa dilakukan dengan membuat lubang sebesar kolam untuk pengapian dan kemudian menaruh atau menata kayu tersebut diatasnya, kemudian kayu dihanya di tutupi dengan menggunakan terpal. Iini juga cara yang cukup efektif. Pokoknya anda bebas membuat model oven sesuka hati asal oven itu bisa membantu pengeringan kayu.oven kayu 9

Mengoven kayu juga bisa menyebabkan kayu menjadi menyusut, namun hal ini bisa dihindari dengan menurunkan suhu atau bisa dengan menaikkan kelembaban udara. Penumpukan kayu yang tidak teratus bisa menimbulkan kayu pecah, agar tidak terjadi pecah bisa anda akali dengan meletakkan pemberat di atas kayu tersebut dan jangan memberi suhu yang terlalu tinggi.

Demikian artikel tentang masalah pengeringan atau pengovenan kayu. Semoga tulisan ini bisa member manfaat bagi anda semua. Dan terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

 

tag

pengering kayu,pengering kayu sederhana,pengering kayu tradisional,pengering kayu konvensional,pengering kayu manual,pengeringan kayu,pengeringan kayu secara alami,pengeringan kayu dengan oven,pengeringan kayu secara buatan,pengeringan kayu alami,pengeringan kayu adalah,perbedaan pengeringan kayu alami dan buatan,proses pengeringan kayu alami,cara pengeringan kayu akasia,pengertian pengeringan kayu alami,mesin pengering arang kayu,alat pengering kayu,alat pengering kayu sederhana,pengeringan kayu buatan,sistem pengeringan kayu buatan,pengeringan kayu yang baik,boiler pengering kayu,pengeringan kayu dengan microwave,pengeringan kayu dengan matahari,pengeringan kayu dengan tenaga surya,pengeringan kayu durian,tujuan pengeringan kayu dilakukan,bagan pengeringan kayu daun lebar,harga pengering kayu,pengeringan kayu jati,cara pengeringan kayu jati,proses pengeringan kayu jati,lama pengeringan kayu jati,pengeringan kayu semula jadi,pengeringan kayu konvensional,pengeringan kayu karet,pengering lem kayu,mesin pengering kayu lapis,pengeringan kayu mahoni,pengeringan kayu manis,pengeringan kayu merbau,alat pengering kayu menggunakan mikrokontroler,proses pengeringan kayu manis,cara pengeringan kayu mahoni,mesin pengering kayu,oven pengering kayu,oven pengering kayu sederhana,obat pengering kayu,pengeringan kayu pinus,pengeringan pada kayu,cara pengeringan kayu pinus,ruangan pengering kayu,pengeringan kayu secara tanur,pengeringan kayu sederhana,pengeringan kayu sengon,membuat pengering kayu sederhana,cara pengeringan kayu secara alami,pengeringan kayu tradisional,pengeringan kayu trembesi,cara pengeringan kayu tradisional,tungku pengering kayu

Share
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)

Rekening Bank

M LUKMANUL HAKIM 0202364072